Kamis, 19 Mei 2011


Peran Arsitek Lansekap Dalam Merancang Taman

NERACA - Saat hendak merancang dan membangun rumah, seringkali kita dihadapkan dilema apakah akan menyewa jasa seorang arsitek atau tidak. Begitu pula dengan merancang sebuah taman. Taman yang indah tentu harus ditata dengan baik. Namun tidak semua orang paham hal teknis pertamanan. Karena itulah dibutuhkan seorang arsitek lansekap untuk merancangnya.Sayangnya, banyak di antara kita yang masih belum mengerti pentingnya arsitek lansekap dalam hal menata taman. Seringkali prasangka biaya jasa arsitek yang mahal membuat orang malas menggunakan jasa arsitek.
Padahal, kemampuan merancang lahan, sistem dan konstruksi taman, dan membuat sebuah lahan berguna bagi penghuninya adalah kepiawaian arsitek lansekap. Selain itu juga membuat taman lebih indah dengan sentuhan seni adalah hal yang hanya bisa dilakukan oleh seorang arsitek lansekap.Menurut Andrew Sucandra, arsitek lansekap dari Smartlandscaping and Gardening, ilmu arsitek lansekap memang menekuni bidang pembuatan taman sesuai nilai estetika yang tinggi, fungsional dan mampu menggabungkan nilai seni dalam desain komposisi tanaman.
"Selain itu penting juga mengetahui habitat yang sesuai dengan kondisi di sebuah lahan. Karena itu, peranan arsitek lansekap itu penting untuk mewujudkan taman yg enak dilihat dan juga nyaman untuk dinikmati karena dalam pembuatan desain taman juga diperlukan hardscape desain yang cocok dengan bangunan dan tanaman atau softscapenya," jelas Andrew.Menurut John F.Papilaya, arsitek lansekap yang juga memiliki jasa arsitek lewat sebuah blog bernama Smart Landscape, dari sisi keilmuan dan intelektual, profesi arsitek lansekap berfungsi sebagai perencana dan perancang tata ruang. Sedang secara ekologis dan estetika dari suatu lingkungan buatan dan lingkungan alami.
"Peran seorang arsitek lanskap dalam pembangunan, khususnya di Jakarta itu baru mulai sangat dibutuhkan pada era 90-an. Kebutuhan akan profesi ini makin meningkat, bahkan beberapa perusahaan jasa konstruksi malah kekurangan tenaga praktisi arsitek lansekap," ujar John kepada Neraca beberapa waktu lalu.Menurut John, kesadaran masyakarat akan pentingnya perancangan taman seiring dengan kebutuhan fungsi lingkungan yang berkualitas secara ekologis maupun secara estetika. Selain itu juga harus diakui kesadaran ini dipicu oleh tren isu pemanasan global yang semakin memasyarakat.
Namun disisi lain, SDM arsitek lanskap masih sangat terbatas jumlahnya. Tak hanya itu, sampai sekarang ini menurut saya belum banyak Universitas atau lembaga pendidikan yang menyediakan jurusan arsitektur lanskap dan jumlah SDM arsitek lanskap lokal juga kurang, akibatnya banyak biro konsultan arsitek lanskap dari luar negeri datang untuk memenuhi permintaan," pungkas John yang alumni Universitas Trisakti ini.Dalam pembuatan taman, keahlian dalam menciptakan lingkungan yang sesuai dengan kepribadian pemiliknya adalah hal yang tak boleh dilupakan oleh setiap arsitek. Seorang arsitek lansekap yang baik seharusnya mengerti bagaimana membuat hubungan yang dinamis antara ruang privasi dengan ruangan di sekitarnya juga diperlukan tata letak dan tata ruang yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar